101 tips bikin user bahagia

Tunjukkan progress user kamu selama masa orientasi produk

‍Pernah nggak sih kamu ngerasa puas waktu udah berhasil capai satu tujuan tertentu? nah sebenernya hal itu emang udah ditemuin sama psikolog kalo ketika orang ngelakuin progress menuju suatu tujuan, mereka bakalan merasa jauh lebih bahagia dan puas.


Kamu bisa juag loh buat nerapin fakta tersebut dalam kehidupan kamu secara keseluruhan, dan kamu bisa nerapin itu semua pada mikrokosmos SaaS. Jadi, saat user SaaS bekerja menuju suatu tujuan, mereka bakal ngembangin keinginan dan intensitas mereka buat berinteraksi dengan SaaS.


‍Nunjukin sebuah progress bisa jadi salah satu cara yang sangat bagus waktu user baru ngelewatin masa orientasi mereka. Misalnya nih ya, dengan nampilin bar progress atau checklist yang isinya tindakan yang perlu dilakukan untuk nyiapin atau pelajarin cara kerja suatu produk. Sebagai contoh, LinkedIn, misalnya, yang nunjukin progress user mereka waktu ngisi profil mereka.


Nah kalo kamu bisa ngebuat pelanggan kamu seneng dengan tindakan sederhana yang fokusnya pada tujuan mereka, kamu bisa ningkatin aktivasi dan pastinya mengurangi churn.

Sumber:

Contoh: