Alasan pentingnya user kompetitor

Temukanlah user kompetitor kamu dan cobalah untuk merekrut mereka

Di dalem suatu pasar yang rame dimana banyak banget perusahaan yang nawarin barang dan jasa yang sama kayak punya kamu, manfaatin kekurangan kompetitor kamu nyatanya bisa banget loh ngebantu kamu buat nemuin pelanggan yang emang pengen dapetin pengalaman yang lebih baik.


‍Nggak usah bingung apalagi bimbang karena sekarang udah ada banyak cara buat nemuin user dari kompetitor kamu, diantaranya adalah :

  • SEO: Bikin halaman arahan buat nentuin peringkat pada kata kunci kompetitor ("Alternatif Kompetitor X Terbaik", "Ulasan Kompetitor X", "kamu vs. Kompetitor X", "Kompetitor X vs. Kompetitor Y".

  • Quora: Menjawab pertanyaan tahap keputusan yang paling relevan (alternatif dari Kompetitor X) dengan jumlah pengikut yang tinggi.

  • Capterra / G2: Baca ulasan di halaman kompetitor dan cari siapa aja yang ninggalin ulasan buruk buat memperkenalkan produk kamu.

  • BuilWith: Temuin semua perusahaan yang nerapin software kompetitor kamu di situs web mereka.

  • Carilah informasi tentang halaman yang nyediain request fitur di platform milik kompetitor kamu, dan libatin user yang minta fitur yang udah ditawarin sama produk kamu

Nah dibawah ini ada contoh gimana caranya Michal Mazurek nerapin taktik ini dengan ngegunain produknya - Syften - buat ngelacak penyebutan kompetitornya di Reddit. Nah suatu hari dia dapet notifikasi tentang pesen ini :


TrackReddit jadi salah satu kompetitornya, dia cuma ngebales pesan buat nawarin orientasi secara pribadi:

Komentar tunggal kayak diatas itu faktanya udah berhasil ngehasilin penjualan langganan selama 3 tahun (ARR $ 640)!

Sumber:

Tools:

Contoh: