Backlinks Gamb

Ubah gambar menjadi backlinks

Kalo kamu punya ilustrasi atau infografis khusus di dalam website kamu, jangan kaget kalo kemungkinan besar orang lain bakal ngegunainnya juga didalam konten mereka.


Seringnya, orang masukin lagi ke sumber gambar tersebut waktu mereka mau ngegunain gambar kamu, tapi sayangnya hal ini nggak selalu mereka lakuin. Kadang, mereka cuma bakal masukin ke gambar tersebut dan bukan ke halaman atau sumber asalnya.


Yaa emang sih kejadian itu bukan situasi yang ideal. Kalo kamu nge-gap orang lain lagi ngelakuin hal ini, mungkin sebaiknya kamu langsung menghubungi mereka secara baik-baik dan minta mereka buat nambahin atau memperbaiki link source nya.


Nah tapi gimana kalo casenya kamu nemuin orang yang ngegunain gambar kamu tanpa atribusi yang benar dan tepat?


Salah satu cara yang bisa kamu lakuin adalah dengan mengklik kanan gambar di situs kamu, terus tekan "Search Google for Image". Abis itu kamu periksa dan liat apakah gambar tersebut udah ditautkan kembali (backlink) ke kamu. Nah kalo nggak, berarti emang kamu harus menghubungi mereka.


Cara lain buat nemuin orang yang masukin langsung ke file gambar tersebut dan bukan ke halaman website kamu adalah dengan menggunakan Ahrefs’ Site Explorer. Kamu cukup tinggal copy website kamu, buka laporan backlink, terus cari deh link tersebut dengan .png atau .jpg di URL backlink.

Tools:

https://www.thegrowthlist.co/tools/ahrefs