Bikin user luluh dengan kebijakan refund

Setujuilah semua permintaan pengembalian dana yang diajukan pelanggan kamu


Mungkin beberapa dari kamu yang menjual produk apapun itu kadang suka bertanya-tanya kenapa sih harus menyetujui kalo ada pernintaan pengembalian dana dalam bentuk apapun. Untuk kamu yang pernah ada atau ngalamin case kayak gitu ada beberapa alasan yang bisa kita jabarin kenapa kamu harus menyetujui pengembalian dana:


  1. Permintaan pengembalian dana bisa menciptakan kesempatan buat berkomunikasi dengan para pelanggan sebelum mereka ngelakuin churn.

  2. Dalam prosesnya, risiko pembelian produk yang salah itu sebenernya cuma sedikit, jadi hal ini bisa ngehasilin tingkat konversi yang lebih baik.

  3. Periode pengembalian dana yang lama bisa kasih kepercayaan lebih pada produk kamu.

  4. Pelanggan yang minta pengembalian dana pada dasarnya nggak banyak kok.

  5. Kalo pelanggan lupa batalin langganan mereka, coba untuk kembaliin dana mereka (refund). Kadang kita semua bisa lupa tentang suatu hal, dan momen kayak gini adalah waktu yang tepat buat nunjukin layanan pelanggan yang hebat.

  6. Dalam prosesnya, siklus otak lebih baik digunain buat ngembangin produk yang lagi kamu kembangin daripada harus perdebatin permintaan pengembalian dana oleh pelanggan. Menyetujui pengembalian dana bakal ngehasilin ruang pikiran secara instan.

  7. Kalo permintaan pelanggan nggak sesuai dengan roadmap kamu, coba buat bersikap proaktif dengan nawarin pelanggan pengembalian dana. Biasanya pelanggan sering kali nggak menginginkan pengembalian dana, tapi mereka bener-bener menghargai isyarat tersebut.

  8. Kalo kamu punya jalur yang jelas dalam ngelakuib proses permintaan pengembalian dana, kamu bakal ngurangin risiko tagihan balik dari kartu kredit.

  9. Kalo pelanggan sangat menuntut bantuan, kayak misalnya ada produk yang nggak cocok dengan mereka, coba deh ambil kerugian kamu dan tawarin mereka buat ngelakuin pengembalian dana. Cara ini sering kali bisa kasih kemenangan buat kedua belah pihak.

  10. ‍Kalo kamu terus mempermasalahkan permintaan pengembalian dana yang diajuin sama pelanggan kamu, kamu bakal berisiko buat kehilangan pelanggan, selamanya. Jadi, mending kamu setujuin prosesnya dan ciptain niat baik. Dengan gitu, pelanggan nggak bakal menjelek-jelekkan produk kamu, tapi justru mereka bakal bagiin experience positif mereka walaupun mungkin produk itu nggak bisa penuhin kebutuhan mereka.

Coba mulai sekarang kamu liat sisi positif dari permintaan pengembalian dana. Pelajarin baik-baik pelanggan kamu dan ucapin say goodbye ke mereka dengan tindakan yang positif. Jangan habisin energi kamu buat berdebat dan coba gunain energi berharga kamu itu buat ngelakuin hal yang lebih penting.

Sumber:

https://www.nicereply.com/blog/refund-policy/#:~:text=%E2%80%9CIn%20the%20end%2C%20refunds%20don,'ll%20come%20back%20later.%E2%80%9D

Tools:

https://www.thegrowthlist.co/tools/chargebee