Kupas Tuntas Gap Analysis

Temukan & peringkat pada keyword kompetitor Kamu

Content Gap Analysis adalah proses nemuin peluang konten baru buat website kamu. Topik / keyword di ceruk kamu yang sekarang ini nggak bisa kamu cakup semua atau nggak dibahas secara efisien. Cara yang paling umum buat ngelakuin content gap analysis adalah dengan ngeliat peringkat kompetitor kamu yang berkaitan dengan peringkat situs kamu.


Content Gap Analysis secara tradisional adalah sebuah bagian dari audit konten secara keseluruhan. Tapi bedanya, audit konten cuma bisa dilakuin sekali atau dua kali setahun tergantung pada kecepatan situs, nah kalo content gap analysis bisa lebih sering kamu lakuin.



Menemukan keyword yang diperingkatkan oleh pesaing mu


Pertama, kamu perlu tools SEO buat ngelakuin analisis ini. Kita bisa ngegunain Ahrefs. Ahrefs nawarin Content Gap sebagai salah satu fitur platform inti mereka. Premis fitur ini adalah nemuin kata kunci diperingkat pesaing kamu tetapi website kamu tidak diberi peringkat (di luar 100 hasil penelusuran teratas).


Kamu bisa mulai dengan buka bagian Site Exproler di Ahrefs dan masukin domain website kamu ke dalam box. Nah buat ini, kamu bisa gunain domain root karena konten blog hang. Tapi, kalo konten blog kamu ditambahin ke subdomain blog atau akhiran kayak blog, maka pastiin kamu juga ikut masukin. Abis itu, kamu pencet search deh.


Selanjutnya, arahin pandangan kamu ke tab menu di sebelah kiri dan klik Content Gap