Dari Zendesk kembali ke Zendesk

Beri peringkat pada keyword yang paling banyak digunakan oleh kompetitor

Banyak hal keren, pinter, licik, tapi cerdik yang ada di dunia ini, dan mungkin Zendesk adalah hal yang tepat untuk mewakili sifat-sifat tersebut. Buat kamu yang mungkin belum tau, Zendesk adalah customer service software dan support ticketing system. Mereka punya banyak pesaing dan nggak jarang orang nyari "alternatif Zendesk" kalo mereka udah coba Zendesk tapi justru malah nemuin sesuatu yang mereka nggak suka dari software tersebut.


Nah, karena mereka ngeliat traffic mengarah ke kompetitor dengan cara ngeliat keyword "alternatif Zendesk", pihak software berharap user mereka bakalan ngasih Zendesk kesempatan lagi, tapi ternyata disaat yang sama, Zendesk malah punya satu ide cemerlang. Mereka berhasil ngebuat website untuk sebuah band alt-rock bernama Zendesk Alternative. Dalam deskripsi band tersebut, terdapat kalimat seperti: "On the surface, it's a collection of songs about customer service. Underneath, it's about so much more".


Kenapa bisa dibilang ide cemerlang? Karena pertama, ini adalah cara yang bagus buat menarik kembali pelanggan dengan ngasih mereka konten berisi humor which is pelanggan pasti doyan banget kan tuh kalo dijejelin konten-konten macem itu. Cara ini juga ternyata sekaligus ngebuktiin ke mereka kalo produk kamu layak dicoba buat kedua kalinya. Yang kedua, ide ini terbilang luar biasa dalam hal SEO, jadi sekarang, website non-iklan tertinggi yang bakalan kamu liat di Google waktu kamu cari pesaing Zendesk ya otomatis bakalan bawa kamu kembali ke Zendesk lagi. Dengan penjelasan ini udah paham dong kenapa di awal tadi kita bilang kalo Zendesk ngewakilin sifat-sifat keren, pinter, licik tapi juga cerdik? hihihi.

Beberapa hari setelah peluncuran ide tersebut, CEO Helpscout (pesaing terbesar Zendesk saat itu) membuat Tweet yang berisikan ucapan selamat setelah Zendesk menempati posisi No. 1 di peringkat tersebut. Ckckck kurang mantep apa coba ya si Zendesk ini? nah buat kamu yang baru baca artikel ini, cus lah tepuk tangan sekenceng mungkin buat nyelametin Zendesk karna berhasil masuk ke posisi pertama!

Contoh: