Dukungan proaktif untuk para user

Tawarkanlah bantuan kepada pelanggan kamu dengan email proaktif

Ada sebuah studi dari Lee Resources International yang nunjukin kalo cuma 1 dari 27 user yang ngelakuin komplain jika terjadi suatu masalah. Nah sisanya alias 26 user lainnya justru nggak bilang apapun dan lebih milih buat pergi.


‍Salah satu cara buat mencegah hal ini adalah dengan nyelesaiin masalah tersebut sebelum terjadi, dan hal ini dilakuin dengan nawarin email dukungan pelanggan yang sifatnya proaktif. Email tersebut nantinya ditujukan ke pelanggan dengan penurunan penggunaan (misalnya, kalo ada dari mereka yang belum login selama beberapa minggu).


‍Contohnya disini adalah, Amazon yang mengantisipasi pertanyaan dari pelanggan mereka tentang tanggal dan waktu pengiriman. Jadi, daripada nunggu pelanggan ngehubungin dan nanya pengiriman mereka yang delay, mereka mutusin buat kasih tau pelanggan tanggal pengiriman yang baru. Nah kalo pelanggannya adalah pelanggan Amazon Prime, kadang Amazon juga bakal kasih tau mereka dan ngasih mereka kredit satu bulan layanan gratis buat gangguan tersebut. Dan amazingnya lagi, semua itu dilakuin walaupun pelanggan nggak ngajuin pertanyaan.

Sumber: https://www.groovehq.com/blog/proactive-customer-care