Kisah nyata melawan kompetitor besar

Posisikan diri kamu untuk bisa melawan para pemimpin pasar

Kalo kamu adalah pemain kecil di dalam pasar yang sayangnya didominasi sama satu atau beberapa perusahaan besar, kamu nggak bisa bertindak seolah-olah mereka nggak ada. Yaa ibarat kata kalo di sinetron mah ada pemain figuran dan ada pemain utama, gitu.


Jadi apa yang harus kamu lakuin? ya so pasti dong kamu harus berusaha maksimal dan memposisikan startup kamu buat ngelawan para pemimpin-pemimpin pasar itu!


‍Wakru user ngunjungin home page kamu, mereka mungkin bakalan langsung paham pasar apa yang lagi kamu tuju dan kompetitor besar apa yang emang kamu hadepin.


Nah tapi, kalo kompetitor itu nggak kamu sebutinn di home page kamu dan nggak ada pemosisian yang jelas, yaaa udah pasti juga pengunjung kamu nggak akan bisa tau apa yang ngebedain produk kamu dan apa yang ngebuat produk kamu itu lebih baik dari produk yang udah mereka tau.


Coba ya sekarang kita kita ambil contoh Plausible, yaitu sebuah tool website analytics yang sifatnya open-source.


Kalo kamu mikirin tools analitik pasti yang tercetus diotak kamu adalah Google Analytics.


Sedangkan, dalam versi lama mereka, Plausible nggak berfokus pada fakta kalo Google Analytics itu ada. Tapi mereka dengan cepat sadar kalo kebanyakan orang yang mungkin pengen mempertimbangkan Plausible Analytics, seenggaknya pasti pernah punya pengalaman ngegunain Google Analytics, dan mereka pura-pura ngerasa kalo tools itu nggak ada. Hal ini yang akhirnya mencegah mereka buat ngejelasin perbedaan dari kedua produk tersebut dan keunggulannya.


Jadi, mereka ngebuat beberapa perubahan dan dari sinilah akhirnya muncul sebuah headline dengan judul "Analisis sederhana untuk situs web kamu"



Dan apa yang akan kamu lihat di homepage mereka saat ini adalah "Alternatif sederhana dan ramah privasi untuk Google Analytics".

Sumber:

https://plausible.io/blog/startup-marketing#position-your-startup-against-a-market-leader

Contoh: