Temukan metrik Key Activation kamu dan perbanyaklah hal tersebut

Pada tahun 2012, basis pengguna aktif Facebook berhasil melampaui angka 1 miliar. Ngeliat pertumbuhan besar-besaran Facebook sebenernya sangat gampang, sekaligus juga ngeliatnya sebagai semacam efek ledakan yang besar, kayak misalnya peristiwa alami yang emang sulit buat dipisahin dari katalis terpisahnya. Tapi, pertumbuhan Facebook bisa dimasukkan pada beberapa strategi utama mereka.
Facebook emang udah beberapa kali berhasil naikin pertumbuhan dengan mempertahankan fokus yang kuat pada data tentang perilaku user mereka. Mereka udah mengidentifikasi sign keberhasilan dari user dan ngegunain sign tersebut sebagai North Star metrics mereka buat memandu keputusan mereka terhadap produk.
Facebook ngegunain analitik mereka buat bisa bandingin kelompok user mereka, yaitu user yang masih ngelakuin aktivitas di website tersebut dan mereka yang udah ninggalin situs nggak lama setelah melakukan pendaftaran. Mereka juga nemuin kalo indikator retensi yang paling jelas yaitu iya atau nggaknya pengguna terhubung dengan 7 teman dalam waktu 10 hari.
Setelah Facebook berhasil mengidentifikasi metrik aktivasi mereka, mereka mutusin buat ngebuat sebuah pengalaman orientasi buat ngedorong user ke magic number mereka.
Dengan fokus pada metrik yang berhubungan sama kedekatan user, tim kamu bisa ngelakuin pendekatan ilmiah buat ningkatin engagement, retention, dan mengukur perkembangannya.
Tools: