Lebih kenal dengan usage-based pricing

Bangun ekspansi pelanggan ke dalam model penetapan harga yang kamu buat

Value atau usage-based pricing adalah sebuah penetapan harga yang didasarin sama lama penggunaan, dibandingin dengan punya 3-4 paket dengan harga yang didasarkan oleh fitur. “Usage” atau pemakaian tersebut bisa ditentuin dalam beberapa hal, contohnya, harga yang dipatok sama Stripe didasarkan pada persentase biaya yang mereka proses.


‍Dengan model penetapan harga yang didasarin pada penggunaan atau value, ekspansi pelanggan bisa berkembang langsung dengan produk kamu. Nah semakin banyak pelanggan yang gunain produk kamu atau semakin mereka tumbuh, berarti bakal semakin banyak juga pelanggan yang membayar. Jadi, walaupun nanti secara tiba-tiba kamu berenti dapetin pelanggan baru, kamu masih bisa ngembangin MRR dari pelanggan yang udah ada.


Model penetapan harga kayak gini sebenernya banyak digunain sama perusahaan pemasaran email. Mereka juga biasanya menetapkan harga berdasarkan jumlah pelanggan email yang kamu punya atau jumlah email yang kamu kirim per bulan.‍


Salah satu contoh bagus yang bisa kamu liat adalah EmailOctopus. Harga yang mereka tetapin didasarin sama jumlah pelanggan email yang kamu punya. Manajer Pemasaran mereka, Hollie Youlden, bilang kalo ekspansi pelanggan bisa menyumbang 47% dari pendapatan baru dan 9,48% dari MRR mereka pada bulan lalu!


Nah karena penetapan harga mereka berdasarkan penggunaan, mereka bisa ngelakuin expansi pelanggan hampir secara otomatis.

Sumber:

https://baremetrics.com/blog/customer-expansion

Contoh: