Mau user makin lengket? Cobain surprise random!

Tawarkan hadiah yang dipersonalisasi kepada user yang jarang terlibat

Coba sini absen dulu deh siapa yang nggak suka kalo dikasih hadiah gratis? jawabannya, yaa udah pasti ngga ada dong karena semua pasti doyan kalo dikasih hadiah!


‍Kasih sesuatu secara gratis tanpa ngasih tahu mereka sebelumnya atau bahasa kerennya adalah surprise emang bisa dikategorikan sebagai tindakan kebaikan yang nggak direncanakan dan sekaligus taktik mapan buat ngehasilin loyalitas, terutama didalem bisnis ritel.


Pendekatan "growth hacker" untuk situasi kayak ini adalah dengan identifikasi user yang nggak terlibat (misal user yang nggak masuk selama X minggu) terus tawarin deh ke mereka diskon yang dipersonalisasi atau upgrade gratis sebagai salah satu tanda terima kasih


‍Seperti yang udah diduga-duga, cara ini bisa menciptakan reaksi "surprise dan kegembiraan", HBR bahkan nyebut ini sebagai "tool pemasaran yang paling kuat".


Sebagai salah satu contoh, HostelWorld pernah kasih kupon diskon buat user yang paling jarang ngegunain layanan mereka sebagai tanda terima kasih. Buat ngeluat dampaknya lebih jauh, mereka ngelakuin personalisasi dengan ngasih tambahan pesan pada kupon diskon tersebut yaitu tulisan "Hai Joshua" dan mengisyaratkan penggunaan dari kupon tersebut dengan tulisan "untuk perjalananmu berikutnya".

Sumber:

https://smallbiztrends.com/2017/02/random-acts-of-kindness-ideas.html

Contoh: