Membuat Konten Berdasarkan Data

Gunakan data kamu untuk membuat konten yang unik

Saat ini, sebagian besar perusahaan memanfaatkan content marketing. Hal ini juga bahkan dilakukan oleh perusahaan yang tidak berorientasi di bidang pemasaran. Hampir semua orang dapat memanfaatkan channel marketing jenis ini. Hal ini dikarenakan content marketing tidak memerlukan banyak keahlian di bidang teknologi atau pemasaran.


Akibatnya, content marketing menjadi channel yang semakin jenuh. Agar dapat stand out, kamu perlu membuat konten yang original serta dapat membedakan kamu dari pesaingmu. Cara yang bagus untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aset yang hanya kamu miliki, yaitu data.


Data-based content (konten yang dibuat berbasis data) dapat bekerja dengan sangat baik, unik dan memberikan nilai tambah yang nyata bagi audiens kamu


Spotify's Thanks 2016 campaign merupakan contoh yang bagus tentang bagaimana cara dalam memanfaatkan data membuat konten. Mereka memiliki akses ke semua data statistik tentang apa yang didengarkan oleh user mereka. Spotify mengumpulkan poster yang menunjukkan wawasan berisi fakta tentang audio streaming yang aneh, lucu, dan terkadang memilukan. Misalnya, bagaimana mungkin kita bisa mengabaikan fakta bahwa 3.749 orang melakukan streaming 'It's The End Of The World As We Know It' pada saat Brexit?

Sumber:

https://wevetoblog.wordpress.com/2017/10/20/case-study-spotify-thanks-2016-its-been-weird/

Contoh: