Mengelola ekspektasi user sebagai jurus jitu

Pertahankanlah para user baru dengan mengelola ekspektasi mereka

Seperti yang dibilang sama Reid Hoffman, "jika kamu tidak merasa malu dengan versi pertama dari produkmu, maka kamu terlambat meluncurkannya".


Kata-kata tersebut nyata-nyatanya adalah sebuah nasihat yang bagus, tapi juga punya sisi lain yaitu, kalo produk kamu punya kualitas yang buruk, user baru yang menggunakan produk tersebut bisa jadi bahkan kemungkinan besar nggak bakalan ngegunain dalam jangka waktu yang lama.


Dan walaupun kamu emang harus memuji produk yang kamu kembangin buat narik user baru, hal penting lainnya yang sebenernya harus kamu pertimbangin adalah untuk ngelola ekspektasi user tersebut dengan ngejelasin ke mereka bahwa produk tersebut sebenernya masih dalam mode beta dan ada beberapa fitur didalemnya yang mungkin nggak bisa berfungsi dengan sempurna.


Hal tersebut udah pernah dilakuin sama AdBadger, mereka nampilin disclaimer disaat orang ngeklik "sign up" dan ngejelasin kalo aplikasi tersebut masih dalam mode percobaan awal. Dan nyatanya cara itu manjur buat dilakuin karena cuma dalam waktu satu bulan, bisa ngurangin churn sebesar 30%!