Motivasi dengan ilusi

Memotivasi para user dengan memberikan mereka masa permulaan

Endowed Progress Effect adalah sebuah gagasan yang nunjukin kalo kamu kasih beberapa jenis kemajuan artifisial menuju satu objektif tertentu, orang bakal lebih termotivasi buat nyelesaiin tujuan tersebut.


Nah buat ngebuktiinnya, ada sekelompok peneliti yang pergi ke tempat jasa cuci mobil dan nawarin kartu loyalitas pada pelanggannya dan melakukan sebuah tes A / B:


Separuh dari kartu tersebut adalah tempat buat delapan stempel. Nah buat bisa dapetin cuci mobil secara gratis, pelanggan harus bisa ngumpulin delapan stempel. Separuhnya lagi adalah tempat buat sepuluh stempel. Tapi, disini ini nih perbedaannya, yaitu udah ada 2 cap stempel.


Para peneliti tersebut akhirnya nemuin kalo kartu yang udah distempel bisa ngehasilin 178% lebih banyaaak bisnis yang berulang dibandingin sama yang nggak dicap!


Selain peningkatan penjualan, waktu antar kunjungan juga berkurang sebanyak 2,9 hari sehingga kartu pra-tempel tersebut terisi dalam waktu yang lebih singkat.


Konsep ini bisa diterapin dengan berbagai cara pada produk digital seperti waktu memotivasi orang lain. Ilusi tentang sebuah kemajuan sangat penting untuk memotivasi orang terutama saat mereka dihadapkan dengan proses yang panjang dan membosankan, seperti formulir orientasi atau pembayaran.

Sumber:

https://uxdesign.cc/designing-for-motivation-with-the-endowed-progress-effect-d213d5dd86a2