Penetapan Harga Progresif

Buatlah harga awal yang tidak perlu dipertimbangkan lagi oleh calon user

For your information, orang bakal selalu lebih berhati-hati dalam mempertimbangkan investasi primer daripada investasi sekunder. Mereka bakalan sensitif banget sama besaran harga kalo mereka belum pernah beli apapun dari kamu. Jadi, yang harus kamu lakuin adalah bikin semenarik mungkin buat para user supaya mereka bisa nyelesaiin proses pembelian awal tersebut. Setelah itu, kamu bisa ngedorong mereka untuk ngelakuin upgrade ke paket yang lebih komprehensif.


‍Oke kita coba kasih satu contoh, jadi setelah nerima beberapa saran dari user mereka, Soapbox akhirnya mutusin buat ngubat paket pembayaran mereka yang paling kecil jadi 5 dollar/bulan untuk 5 user pertama.


Di bulan yang sama, waktu Soapbox nerapin paket pembayaran baru tersebut, konversi pelanggan mereka berhasil naik 4x lebih tinggi dari rata-rata bulanan mereka.


Nah ketika user ngeliat ROI dan dapetin manfaat dari produk dalam paket pembayaran awal mereka, kemungkinan besar mereka bakal ngelakuin upgrade.


Satu hal yang perlu diinget adalah, besaran kesepakatan awal tersebut bakal menurun dan kamu harus langsung netapin tujuan tertentu buat ningkatin pembelian produk awal tersebut. Nggak cuma itu aja, tapi kamu juga harus ngebantu user dari produk itu buat ngelakuin upgrade waktu mereka udah ngedapetin manfaat dari produk tersebut.

Contoh: