Cara cerdas bikin harga produk digital

Optimalkan Harga Dengan Memberikan Opsi Yang Kurang Menarik

Dan Ariely, di dalam bukunya yang berjudul Predictably Irrational, ngejelasin kalo orang cenderung punya perilaku yang nggak rasional dengan cara yang bisa diprediksi.


Untuk ngegambarin teorinya, Ariely ngelakuin studi tentang Economist Pricing Plan.

Economist.com punya 2 jenis pilihan:

  • Web-only version 59 dollar

  • Print version + Web 125 dollar

68% membeli opsi Web Only dan cuma 32% yang membeli versi Print + Web.

Kemudian, dia coba hal baru dengan harga mereka dan nambahin titik referensi baru, yaitu opsi "Print Only" dengan harga yang sama dengan "Print + Web".

  • web only: 59 dollar

  • print only: 125 dollar

  • print + Web: 125 dollar

Ketika disajiin dengan ketiga pilihan itu, 16% milih untuk beli versi Web Only sementara 84% membeli subscription Print + Web.

Penjualan Print + Web akhir berhasil naik secara signifikan sebesar 262%!


Mungkin sebagian dari kalian langsung auto kaget sambil mikir kenapa bisa naik se-signifikan itu? Simplenya adalah karna pelanggan nggak lagi membandingkan paket 59 dollar Web Only dengan paket 125 dollar Print + Web. Sebaliknya, mereka sekarang lebih milih buat beli paket Print Only seharga 125 dollar dibandingin sama paket langganan Print + Web seharga 125 dollar.


Buat pengaplikasiannya sendiri juga sebenernya simple kok, kamu cuma tinggal tambahin "umpan" ke harga produk kamu di samping paket yang bener-bener kamu pengenin untuk dibeli sama pelanggan.

Sumber:

https://unbounce.com/conversion-rate-optimization/made-up-product-increased-conversions/

Contoh: