Kekuatan super Refferal Program

Bikin Newsletter Kamu jadi Supercharged Growth Machine


Kalo kamu engeh ternyata Referral programs punya kemampuan yang luar biasa buat ningkatin kesadaran dan mengembangkan mailing list kamu dengan cara yang sangat terjangkau.


Kalo pembaca suka sama konten buatan kamu, kemungkinan mereka bakal nerusin salah satu email kamu ke teman mereka. Kamu juga bisa dengan gampang ngedorong mereka buat ngelakuin itu dengan nampilin reminder di bagian bawah yang ada tulisan "teruskan ke teman."


Selain itu, kamu juga bisa masukin link ke signup page di newsletter tersebut buat mudahin orang yang nerima newsletter kamu dari teman untuk milih masuk ke daftar kamu. Dengan mempermudah proses tersebut bakalan ngebantu buat ngembangin daftar kamu.


Tapi, fakta dilapangan nunjukin juga kalo kebanyakan orang nggak pengen ngebagiin e-mail kamu, karena mereka ngerasa nggak bakal dapet insentif atau hadiah apapun. Sebuah referensi yang punya value nggak cuma sebuah permintaan supaya bisa disebarin ke pembaca lain, tapi juga sebagai janji kalo mereka ngebagiin, mereka bakal dapetin sesuatu sebagai balasannya. Yaa bisa dibilang semacem hukum take and give laaah.


Sebenernya reward ini juga bisa bervariasi buat setiap list. Reward itu juga termasuk ke dalam swag, shout-outs (sapaan, salam, pujian, dan lainnya) dari newsletter, dan kode kupon. Jadi sebenernya kuncinya disini adalah kamu harus punya jiwa dan pikiran-pikiran kreatif supaya kamu bisa pikirin apa yang emang sebenernya dipengenin sama audiens kamu. Dengan ngelakuin itu, kamu bakalan bisa ngasih imbalan yang memotivasi mereka untuk ngasih kamu subscribers


Zapier ngebuat sebuah artikel yang didalamnya ngejelasin cara menyiapkan sistem kayak ini. Tapi buat kamu pecinta solusi-solusi dan cara-cara mudah, kamu bisa ngegunain email referral tool kayak SparkLoop.


Resources:

https://www.campaignmonitor.com/blog/email-marketing/2020/05/turn-your-newsletter-into-a-supercharged-growth-machine-with-these-19-referral-program-reward-ideas/


https://letterlist.com/newsletters-with-referral-programs/


Contoh: