Proses offboarding biar makin paham user

Ubahlah churn menjadi peluang bagi kamu untuk mempelajari hal baru

User yang pengen ngelakuin downgrade atau berenti ngegunain layanan produk kamu pasti bakal selalu jadi berita buruk. Tapi sebenernya karena setiap hal buruk selalu ada hikmah dibaliknya, yaa sama aja dengan user yang ngelakuin downgrade, ada hikmahnya yaitu sebuah peluang besar buat kamu belajar cara untuk ningkatin produk dan layanan kamu.


Dengan cara yang sama seperti kamu bikin onboarding buat produk kamu, kamu juga harus menyiapkan proses offboarding buat ngedapetin wawasan tambahan yang ngejelasin kenapa user tersebut mutusin buat batalin subscription mereka.


Kalo kamu berhasil ngumpulin feedback untuk setiap pelanggan yang mutusin buat ngebatalin subscription mereka, kamu bisa dengan cepat mulai mengidentifikasi pola alesan dari churn mereka. Nah dari sekian banyak alesan, biasanya ada beberapa alesan seperti ini bun : karena mereka nggak ngegunain, milih alternatif yang lebih kompetitif, terlalu mahal, dll.


Dengan ngebuat katalog yang isinya alasan mereka, dan mendiagnosis dimana celah terbesar (tolong dibacanya: peluang) tersebut berada, bisa jadi dasar untuk ngebuat strategi churn kamu.

Sumber:

https://cxl.com/blog/offboarding/

https://www.intercom.com/blog/designing-user-offboarding/

Tools:

https://www.thegrowthlist.co/tools/appcues

https://www.thegrowthlist.co/tools/typeform

Contoh: