Sambutan Selamat Datang di website kamu yang Anti Mainstream

Welcome Mats


Simulasikan homepage minimal dengan fullscreen pop-up


Emang ya mau dimana pun tempatnya kalo kita masuk terus langsung disambut pasti bawaannya seneng, walaupun cuma masuk ke website. Contohnya kaya si Welcome Mats ini yang sebenernya mirip banget sama popup tradisional. Tapi dibandingin sama nampilin lightbox window, welcome mats bisa ngambil alih seluruh layar.


Jadi, waktu pengunjung pertama kali dateng ke situs kamu, mereka bakal disambut dengan pesan layar penuh. Nah pesan itu yang biasanya dioptimalkan sama call-to-action yang menonjol. Nah dengan begitu, otomatis dong ya keterlibatan dan rasio percakapan yang terjadi akan jauh lebih tinggi.‍


Sumo; pencipta dari Welcome Mat, menerbitkan studi kasus Teachable yang sebelumnya Fedora dengan ningkatin pendaftaran webinar harian sebesar 70%. Hal ini bisa dibilang cukup masuk akal, terutama karena penelitian terbaru nunjukin kalo beranda minimal emang pilihan yang ideal buat mendorong jumlah pendaftaran.


Jadi, walaupun kamu pengen pertahanin landing page yang panjang, kamu bisa mensimulasikan beranda minimal dengan Welcome Mat dan mendorong pendaftaran dengan mudah.


Nah dalam ngegunain Welcome Mats, kamu harus tetep hati-hati. Kenapa? karena ada buanyak hal yang harus lebih diperhatikan dari website daripada cuma sekedar conversion rates. Perlu banget buat diingat juga kalo Welcome Mats ini bisa ngeganggu usability,bounce rates, kesabaran pengunjung, time on page, dll. Ya sampe sini balik lagi sih ke salah satu fakta alam, yaitu, nggak ada satu hal pun di dunia ini yang sempurna. Bukan begitu saudara-saudara sekalian?

Sumber:

https://sumo.com/stories/welcome-mat-fedora

Tools:


https://sumo.com/

https://optinmonster.com/


Contoh: