Sebuah pengingat penting buat para user

Memicu upgrade prompts tepat disaat user membutuhkannya

KECUALI kalo emang pelanggan kamu secara aktif mikirin buat ngelakuin upgrade (dan jujur aja, seberapa sering sih mereka berpikir untuk ngelakuin itu?). Mereka kemungkinan besar nggak bakal ngeliat list harga yang udah kamu sediain buat tau tingkatan fitur yang lebih tinggi. Jadi daripada ngarepin mereka ngeliat list harga dan fitur tersebut, mendingan kamu bikin para pelanggan itu supaya tau fitur premium dengan masukin reminder di dalam interface itu sendiri.


Sebagai contoh yang paling deket sama keseharian kita adalah, Spotify. Coba ngacung dulu deh siapa disini para pelanggan non-premium yang nggak pernah ngerasain dengerin voice over talent dari Spotify buat promosiin fitur premium mereka, pasti pernah semua kan? Yes, para user Spotify emang cuma diizinin buat skip 6 lagu per jamnya secara gratis. Setelah itu, mereka bakal diminta buat upgrade ke akun premium. Nah penjelasan tentang fitur premium tersebut nantinya diintegrasiin ke dalam pengalaman user yang mungkin mereka bisa ngeliat dan akhirnya paham keuntungan yang akan mereka dapetin.


Terlebih lagi, Spotify dengan cerdik memposisikan permintaan upsell tersebut sebagai “momen penemuan”. Seperti "Kamu baru saja menemukan fitur Premium" yang terdengar jauh lebih baik dibandingkan dengan "Kamu tidak diizinkan untuk melakukannya sampai kamu membayar terlebih dahulu".

Tools:

https://www.thegrowthlist.co/tools/appcues

Contoh: