1001 cara buat dapetin Open Graph berurutan


Sssst mau tau nggak satu rahasia penting di abad 21 ini ? daripada kepo udah sini - sini yuk merapat! Oke jadi nih ya, ternyata hampir semua sosial media itu masukin OpenGraph HTML tags untuk ngehasilin link previews, jadi pembaca atau audiens bisa dengan gampangnya ngeliat highlight dari halaman yang isinya konten sebelum mereka pencet buat baca semua isi dari postingan konten itu!


Wedeww kok bisa tuh ye? ya jelas bisa dong bray, bayar parkir di mall sampe 20.000 padahal masuknya cuma 10 menit aja bisa, masa ginian doang ngga bisa? Jadi nih, link preview itu bisa dibuat dengan ngegunain sebagian kecil dari kode meta-tag yang dimasukin ke dalem <head> dalam halaman HTML kamu. Nah cuplikan kode yang simple ini bakalan nunjukin ke social network tersebut mulai dari gambar, judul dan deskripsi apa yang digunain waktu nayangin sebuah postingan. </head>


By the way, nggak cuma nunggu pacar ngabarin pas lagi nongkrong aja yang butuh waktu, tapi ngelakuin konfigurasi dan nguji sebuah tag juga perlu waktu dan tools teknis lainnya. Tapi tenang aja bray, hal ini bakalan worth it buat dilakuin karena OpenGraph tags bisa ngebantu kamu dalam ningkatin click ratio!


Nah tambahan juga nih ye, jadi kalo kamu ngegunain WordPress, WordPress SEO Plugin dari Yoast itu bisa ngebuat semuanya berfungsi dengan sangat baik buat semua jaringan utama.


Tapi kalo ngga ada pilihan lain, kamu bisa nguji gimana caranya supaya link preview kamu keliatan dengan ngegunain tools validasi yang simple nan praktis ini:

Contoh: