Terungkap! Ini dia alasan kenapa harus persingkat uji coba gratis!

Tingkatkanlah konversi user dengan mengurangi durasi masa uji coba gratis tersebut

Sebagian besar perusahaan SaaS ngejalanin masa uji coba gratis selama 14 hari, tapi pernah nggak sih kamu mikir atau bertanya-tanya apa sebenernya durasi ini bener-bener berhasil?


Nah, kalo kamu coba pikirin lagi, masa percobaan ini bisa ternyata malah bisa ngehasilin banyak kerugian loh.


Pertama, buat nyoba suatu produk nggak perlu durasi wakti selama 2 minggu. Kalo orientasi kamu cukup baik, user pasti bakal segera sadar tentang value dari produk itu.


Kedua, masa uji coba dengan jangka waktu yang lama justru malah menghilangkan rasa urgensi. Kenapa bisa terjadi karena justru ngebuat pelanggan berfikir kalo mereka punya banyak waktu buat nyoba produk tersebut. Yaaa tipikal manusia dengan konsep kalo bisa dilakuin besok kenapa harus sekarang? 🤷‍♂️


Pada akhirnya, cara ini bisa nurunin efisiensi penjualan karena naiknya durasi dari proses penjualan tersebut.


Satu-satunya yang bisa dijadiin pengecualian buat aturan ini adalah produk yang emang dirancang untuk “mengunci” orang waktu mereka ngegunain. Contohnya adalah, CRM. Setelah kamu nerapin, kamu bakal butuh alesan yang sangat bagus buat berenti nerapinnya karena biaya yang pastinya lebih tinggi buat pindah ke produk lain.

Sumber:

https://blog.close.com/saas-startups-why-your-free-trials-are-way-too-long/