Upgrade Gratis

Tawarkan upgrade gratis kepada user untuk meningkatkan retensi

Sebelum ngebahas artikel ini, kita mau ajak kamu buat ngebayangin sesuatu. Coba deh kamu pikirin gimana perasaan kamu kalo lagi berlangganan, misalnya langganan Asana yang merupakan tools manajemen proyek. Terus, kamu udah kerja dengan susah payah dengan paket Premium sebesar 11 dollar/bulan. Nah case nya disini adalah kamu sering ngegunain itu dan berharap bakalan punya cukup anggaran buat bisa beli rencana bisnis.


Nah sekarang coba kamu bayangin kalo kamu udah ngegunain Asana buat sementara waktu dan kamu ngegunain paket Premium tapi dalam beberapa minggu terakhir kamu udah mulai jarang buat pakai.


Terus di suatu hari, kamu tiba-tiba dapet email dari VP Asana dan dia bilang, “Hei, saya perhatiin kalo kamu dapetin value yang lebih rendah dari Asana akhir-akhir ini. Kami pengen ningkatin level keanggotaanmu, tanpa biaya, ke Business subscription. Kamu bakalan dapat lebih banyak keunggulan, dan lebih banyak fitur. Saya harap kamu bisa merasakan kegunaannya. Perubahan tersebut bakal segera berlaku. "


Kita yakin kalo kamu tiba-tiba dapet email surprise kyak gitu pasti bakalan seneng banget kan? Dan bahkan kita yakin kalo kamu bakal tetep berlangganan Asana dalam waktu yang lama. Pertanyaannya sekarang, berapa banyak biaya Asana buat ningkatin keanggotaan kamu? bisa jadi nggak banyak, mungkin cuma beberapa sen.


Tapi coba deh, seberapa besar pengaruh tersebut dalam ningkatin kemungkinan kamu buat tetap menjadi pelanggan? pastinya besar banget!


Surprise atau experience yang menyenangkan adalah jurus ampuh buat mengubah user biasa jadi user yang bersemangat dan peduli sama produk kamu. Kamu nggak cuma bisa ningkatin pemasaran aja, tapi juga sekaligus ningkatin retensi produk kamu!