User mau pause subscription? udah biarin aja!

Berikan akses pada user untuk menjeda paket langganan mereka dan mengaktifkannya kembali di lain hari

Nggak perlu ngerasa sedih yang terlalu lama kalo kamu ngerasa beberapa user udah nggak butuh produk dalam beberapa jangka waktu tertentu, karena hal kayak gitu sebenernya lumrah buat terjadi. Buat mudahin mereka, kamu bisa ngebiarin mereka ngejeda subscription mereka daripada berhentiin secara langsung.


Emang pada awalnya, nunda subscription bakal keliatan kayak churn. Tapi, kemungkinan besar mereka bakal mengaktifkan lagi, jadi kamu nggak perlu terlalu cemas buat mikirin itu.


‍Nah, untuk ningkatin peluang buat bikin para subscriber itu balik lagi, kamu bisa terus memelihara hubungan dengan ngirimin reminder seperti email dan penawaran dengan waktu yang terbatas. Selain itu, kamu juga bisa ngebiarin mereka buat netapin tanggal tertentu supaya bisa diaktifin lagi secara otomatis.


Satu hal yang mesti banget kamu inget adalah cara "gelap" atau nyembunyiin tombol pembatalan, harus daftar buat ngelakuin pembatalan, dibombardir dengan survei dan penawaran, dan hal-hal setipe lainnya, justru malah jadi jaminan kalo pelanggan churn kamu nggak akan pernah balik lagi, dan jangan kaget kalo mereka ninggalin review yang sangat buruk.

Sumber:

https://blog.2checkout.com/pause-subscriptions-to-increase-retention/

https://levels.io/subscriptions/

Tools:

https://www.thegrowthlist.co/tools/chargebee

Contoh: